Rabu, 26 November 2008

Bumi Makin Mengecil??

Wah..ini bakal jadi isu menarik. Semakin maju ke zaman super modern seperti sekarang ini isu akan planet bumi semakin banyak saja dan sedikit "menakutkan" penghuninya (manusia, red), antara lain dengan adanya Global Warming (Pemanasan Global) yang mengakibatkan suhu bumi semakin panas, naiknya MSL (Mean Sea Level/permukaan air laut) yang berdampak pada mencairnya es di kutub, munculnya banjir ROB seperti yang terjadi berbagai pesisir pantai Indonesia (ex. Pesisir Pantura, Teluk Jakarta dll)Tentu manusia menganggap hal ini merupakan masalah yang sangat besar.

Negara-negara termaju berlomba - lomba melakukan research ke planet - planet lain sebagai alternatif tempat tinggal manusia dan makluk bumi lainnya, jika suatu saat nanti planet bumi sudah tidak bisa di huni lagi.Negara super maju tersebut rela mengeluarkan biasa yang sangat besar, hanya untuk menemukan tempat baru bagi manusia nantinya.

Walau sudah sedemikian rupa perjuangan mereka, sampai saat ini tujuan untuk menemukan "rumah baru" itu belum membuahkan hasil. Tidak ada satu planet pun selain bumi yang nyaman untuk dihuni manusia. Tuhan memang sangat adil, Dia masih menunggu tanggungjawab kita untuk memelihara dan menjaga bumi yang sudah Tuhan berikan kepada manusia, dari pada IA memberi planet lain sebagai tempat tinggal kita. Oleh karena itu, manusia mulai sadar akan alternatif lainnya untuk menyelamatkan bumi, yaitu dengan memperbaiki tingkah manusia terhadap lingkungan dengan menjaga hutan, tidak mengeksploitasi flora dan fauna berlebihan, menjaga keasrian lingkungan agar suhu tidak meningkat secara ekstrim. Di sana - sini muncul LSM2 yang meng-claim dirinya sebagai aktivis lingkungan, seperti WALHI, greenpeace dsb. Menurut saya, cara ini jauh lebih bijak dari pada mencari planet baru, tentu diikuti dengan proses penyadaran setiap individu manusia untuk mencintai lingkungannya.

Isu lain yang tak kalah menarik terhadap bumi adalah Mengecilnya Ukuran Bumi. Isu ini tidak dimaknai sebagai mengecilnya volume dari bumi sendiri. Volume bumi masih tetap dengan jari - jarinya sekitar 6371 km. Namun yang dimaksud dengan mengecilnya ukuran bumi adalah dengan bertambahnya jumlah penduduk bumi yang sangat signifikan. Konon, hasil penelitian mengatakan bahwa jumlah maksimum populasi manusia untuk menghuni planet bumi adalah 5 miliyar manusia. Pada tahun 2015 dipredikisi jumlah populasi manusia bumi akan mencapai 7 miliyar. Di Indonesia pada tahun tersebut jumlah penduduknya diperkirakan akan mencapai 270 juta jiwa. Tahun 2008 ini saja sudah mencapai 220 juta jiwa.

Hal ini tentu menjadi masalah baru yang sangat menyulitkan manusia. Fenomena permasalahan karena kapasitas bumi yang sudah tidak sebanding dengan jumlah manusia bumi disana - sini sudah mulai tampak. Tidak mengherankan lagi kalau setiap hari di media massa kita mendengar berita penggusuran, orang - orang kelaparan, bahkan pada suatu waktu tertentu rumah sakit publik tidak sanggup menampung jumlah manusia yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Bumi akan semakin mengecil dengan semakin banyaknya jumlah manusia. Kehidupan manusia tentu akan menjadi sangat sulit. Prediksi ini sudah pasti akan terjadi, jika tindakan untuk pencegahan pertumbuhan penduduk secara ekstrim tidak dilakukan. Sehingga dari sekarang sebaiknya kita harus mencegah agar hal ini tidak terjadi.Misal dengan cara KB, tidak menikah diusia terlalu muda dan tentunya senantiasa ramah terhadap lingkungan. Anehnya, saya mendengar isu, kalau di Indonesia ada suatu organisasi tertentu yang sengaja menyuruh anggotanya untuk mempunyai anak sebanyak mungkin agar 17 tahun lagi mereka bisa menang di Pemilu:D. Semoga isu ini tidak benar.

Semoga hal ini tidak terjadi dan setiap orang wajib dalam menekan laju pertumbuhan penduduk, agar bumi tidak semakin mengecil :p.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP