Minggu, 25 Juli 2010

Tidak ada pilihan lain

Sebagai manusia kita diberikan keinginan bebas (freewill) untuk segala sesuatunya. Kita bebas memilih makanan, pasangan hidup, pekerjaan dan sebagainya. Namun pada kenyataannya sering kita dipaksa untuk memilih hanya satu dari sekian banyak pilihan tersebut. Tak jarang pilihan yang dihadapkan pada kita itu adalah pilihan yang sangat tidak kita sukai. Akhirnya mau tidak mau, dengan terpaksa kita harus mengambil pilihan tersebut dan berharap pada waktu yang akan datang akan tersedia pilihan yang lain yang lebih sesuai dengan keinginan kita.

Sebagai contoh dalam memilih makanan. Disetiap rumah makan disediakan banyak sekali pilihan jenis makanan.Namun terkadang kita hanya bisa memilih sedikit atau bahkan hanya satu dari pilihan makanan tersebut. Ntah karena kita sedang punya uang terbatas atau sedang mendapat larangan makanan tertentu dari dokter padahal sebelumnya makanan itu sangat kita sukai.

Bila kita sedang dalam situasi seperti ini, sangatlah wajar membuat diri ini menjadi stress dan terkadang hilang motivasi. Namun sebagai manusia yang harus berjuanga tak ada salahnya kita jalani dulu apa yang ada. Ambil satu-satunya pilihan yang tersedia tadi dan coba senantiasa berusaha mendapatkan pilihan lain yang mungkin akan tersedia di waktu berikutnya. Ini hanya masalah waktu dan kita. Ingatlah selalu bahwa Tuhan tidak akan selalu mengabulkan permintaan kita, namun Tuhan sudah pasti akan mencukupkan semua kebutuhan kita.

Mari tetap semangat menjalani kehidupan tanpa pilihan meskipun kita sudah diberi free will tadi. Roda dunia terus berputar, waktu tetap berjalan dan pilihan itu akan datang silih berganti. Saat itulah kita bisa meraih apa yang sebenarnya kita inginkan, mendapatkan free will kita.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP