Senin, 01 Juni 2009

Berharap akan yang baik

Salah satu hal yang paling mudah dilakukan manusia adalah berharap. Berharap merupakan pekerjaan yang mudah, tidak butuh energi yang besar untuk melakukannya. Namun apakah cukup dengan berharap?? Sebelum menjawab pertanyaan ini, ternyata ada juga manusia yang tidak tau bagaimana berharap. Sadar atau tidak sadar kita mungkin termasuk ke dalam kelompok yang tidak bisa berharap ini.

Idealnya manusia mempunyai harapan yang baik. Sesuai dengan perintah Tuhan, selain Kasih dan Iman kita juga harus punya Pengharapan.

Namun sering juga orang mempunyai pengharapan yang tidak baik. Contoh ketika teman kita memperoleh kepercayaan memimpin sebuah organisasi. Terkadang kita berharap yang tidak baik darinya. Kita khawatir bahwa si pemimpin tadi tidak mampu menjalankan tugasnya. Kita lebih cenderung berharap yang tidak baik dengan rasa khawatir tadi. Inilah pengharapan yang tidak baik tersebut. Sama halnya dengan berharap dari diri sendiri. Terkadang dalam menghadapi ujian, kita ragu dengan kemampuan kita. Akhirnya timbul lagi pengharapan yang tidak baik. Dan saya menemukan hal ini nyata dalam sebuah organisasi. Saat ada sebuah organ yang berusaha mengurus aset, maka orang - orang di luar organisasi malah berpikir bahwa suatu saat nanti pengurus akan menjual aset tersebut, menggunakannya untuk kepentingan pribadi dst.... Yang muncul adalah pikiran negatifnya. Akhirnya muncul harapan yang tidak baik. Kita cenderung memiliki pengharapan yang tidak baik. Seharusnya mereka berharap dengan kepengurusan saat ini semoga kelak aset organisasi ini bertambah, bisa membangun gedung 8 lantai dan semakin berdampak bagi sekitar. Namun saya amati sangat sedikit orang yang berharap baik seperti ini.

Dari hal ini dapat disimpulkan ternyata berharap itu masih merupakan kesulitan. Jadi untuk menjawab cara merealisasikan harapan tadi dalam bentuk tindakan masih merupakan hal yang sulit juga. Karena dengan berharap saja, tanapa kita berusaha untuk merealisasikannya, juga merupakan hal yang sia - sia. Untuk itu mari kita awali dengan menciptakan pengharapan yang baik dan berusaha dengan tindakan dan kinerja kita untuk merealisasikannya.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP