Rabu, 23 September 2009

Berubah

Kata berubah kian hari kian populer. Saat mendengar istilah ini, yang terbayang dalam benak kita adalah mencoba untuk lebih baik. Mungkin sebelumnya perilakunya kurang baik. Yang malas ingin menjadi lebih rajin. Yang perokok ingin berhenti dari kebiasaan merokok.Yang sombong ingin menajadi lebih baik dan lain - lain. Bagaimana cara berubah yang baik? Apa sebenarnya yang diubah dalam diri kita?

Perubahan itu harus dianggap sebagai kebutuhan. Sama seperti belajar. Belajar sebenarnya dilakukan terus - menerus. Tidak ada kata tamat atau wisuda untuk urusan belajar. Demikian dengan perubahan. Ia akan ada selama kita hidup. Perubahan akan selesai katika manusia sudah tidak bernyawa lagi.

Sebenarnya untuk berubah itu mudah. Namun terkadang manusia tidak mempunyai cara untuk berubah. Kita selalu memakai cara lama yaitu mengubah perilaku. Mengubah perilaku sifatnya sementara. Misal saat seorang perokok diminta untuk tidak merokok lagi. Mungkin beberapa hari ia bisa berhenti merokok. Katika ada masalah/stress maka orang tadi sangat mungkin untuk kembali merokok. Ini perubahan yang sifatnya sementara. Sebenarnya akan lebih baik bila yang diubah itu adalah kesadarannya. Bagaimana melakukan penyadaran kepada diri kita untuk berubah. Jika kita mencobanya, maka semua perilaku kita yang "lama" tadi akan berubah menjadi perilaku yang baik.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP