Sabtu, 26 September 2009

Virus Perdamaian

Saya kira tidak ada orang yang suka dengan virus. Virus identik dengan masalah. Merugikan! Virus mempunyai kecepatan tinggi untuk menyebar, sehingga untuk membasminya agak gampang - gampang susah.

Dulu orang mengidentikkan virus itu dengan penyakit. Banyak jenis penyakit pada manusia diakibatkan oleh virus. Yang paling populer adalah virus flu. Sangat mengganggu. Demikian juga pada tumbuhan dan hewan, ada juga virus yang bisa merusak tumbuhan dan hewan tersebut.

Di era komputer seperti sekarang ini, virus juga merupakan sosok "makluk hidup" yang dibenci. Virus bisa merusak dan merugikan. Coba bayangkan sudah berapa jenis virus yang pernah mengganggu PC/Laptop anda.

Virus baik dalam konteks penyakit maupun virus pada komputer tadi mulai dibuatkan penangkalnya. Jadilah antivirus yang bisa mengatasi virus yang mengganggu. Untuk makluk hidup sangat banyak penelitian untuk membuat anti virus yang lebih familiar dengan sebutan obat. Antivirus juga bermunculan mulai dari yang free hingga yang bisa dibeli untuk mengatasi virus pada perangkat lunak komputer.

Namun dalam konteks ini, virus bisa menjadi sangat bermanfaat. Justru virus yang satu ini jangan dibuat antinya. Itulah virus perdamaian. Saat mendengar istilah virus perdamaian ini, saya agak sedikit merasa aneh. Namun akhirnya bisa mengerti mengapa yang digunakan adalah istilah virus. Penyebabnya adalah karena sifat virus yang sangat mudah menyebar. Bila virus perdamaian bisa disebarkan dengan cepat ke seluruh dunia, maka kedamaian sangat mungkin untuk diwujudkan. Tapi dengan terlebih dahulu kita sebarkan virus perdamaian di Indonesia ini.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP