Senin, 21 Juni 2010

Makna Ulos Batak


Orang batak yang besar bukan di kampung2 sana (Toba;red) tentulah tidak terlalu mengetahui makna ulos. Seiring dengan perkembangan kekristenan keturunan orang batak maka makna ulos batak yang sering dilibatkan dalam pesta adat ataupun pesta Gereja(tertentu) ada dua hal.
  1. Ulos itu melambangkan kasih. Orang yang manguloshon (memberi ulos) itu memberikan kasihnya yang tulus kepada mereka yang di ulosi. Jadi penafsiran sekelompok gereja yang mengatakan kalau ulos itu mengandung hal-hal yang mistis saya pikir sesuatu yang salah khususnya untuk dunia modern sekarang ini. Ulos bermakna kasih, sebagimana Tuhan Yesus mengasihi manusia.
  2. Makna ulos yang kedua adalah ulos digunakan sebagai alat untuk menerima seseorang menjadi anggota keluarga atau bagian dari sebuah marga. Bila kita mangulosi (memberi ulos) kepada seseorang, siapapun dia, berarti kita sudah menerima dia menjadi bagian dari keluarga. Hal ini berlaku bagi setiap manusia dan tidak terbatas hanya kepada suku tapanuli saja. Jadi jangan heran ada orang Zimbabwe dan orang Maroko yang diberi marga setelah sebelumnya diulosi:P.
Berbahagialah mereka yang menerima ulos karena mereka akan dihangatkan sehangat kasih yang memberi ulos dan semakin mempererat hubungan kekeluargaan diantara mereka.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP