Senin, 02 November 2009

Kesuksesan

Kita mengartikan orang sukses adalah orang yang memiliki banyak harta, mempunyai pendidikan tinggi, punya jabatan tinggi dan memiliki limpahan harta. Paradigma ini yang membawa banyak orang untuk meraih "kesuksesan" dengan segala cara. Sehingga ada orang yang mempunyai banyak harta dari hasil korupsi, merampok dan melakukan cara-cara yang tidak halal. Banyak orang lulus dari perguruan tinggi dengan mencontek saat ujian dan tetap mengandalkan kecurangan. Kita meraih posisi dengan cara - cara yang tidak benar, misal dengan menjatuhkan teman sekantor sehingga kita mendapatkan posisi yang lebih baik. Hal - hal tersebut bukan merupakan kesuksesan.

Jadi apakah sukses itu? Sukses adalah berhasil menjadi orang baik. Sementara kekayaan, jabatan, gelar akademis dan harta yang melimpah merupakan komponen - komponen kesusksesan. Mereka boleh ada, dan boleh juga tidak. Yang menjadi inti kesuksesan adalah ketika seseorang memberikan manfaat kepada orang lain. Dengan kata lain dia bisa memberikan makna di tengah - tengah lingkungannya.

Orang sukses biasanya hidup sejahtera. Apakah itu kesejahteraan hidup? Kesejahteraan merupakan kondisi dimana tidak lebih besar pasak daripada tiang. Bukan berarti kesejahteraan bila kita mempunyai penghasilan besar. Banyak orang yang mempunyai penghasilan puluhan juta rupiah, namun dia tidak sejahtera. Itu dikarenakan pengeluarannya jauh lebih besar dari pada penghasilan. Sebaliknya ada keluarga yang penghasilannya UMR (upah minimum regional), namun mereka bisa hidup sejahtera. Orang - orang seperti ini yang bisa kita sebut sebagai orang yang sukses.

Diatas semuanya itu, sebelum ataupun sesudah kita meraih kesuksesan, kita pahami apa makna dari kesuksesan tersebut. Jangan salah mengartikan, agar kita tidak salah jalan. Maksud saya adalah pengertian kesuksesan yang terkadang kita buat dangkal, seperti sukses berarti dia memiliki kekayaan, meskipun dengan cara - cara yang tidak halal. Jika dalam diri kita tanamkan makna yang benar, maka kesuksesan tersebut segera akan kita raih.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP