Jumat, 20 November 2009

Up to Day

Masih ingat raker Komisi III DPR dengan Kejaksaan? Yaa, salah satu anggota DPR 2009-2014 Achmad Dimyati Natakusuma, Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan. Setelah mengajukan keberatan atas gelar perkara yang belum juga dilakukan Kejati Banten saat rapat tersebut, malam harinya Dimyati langsung di tahan terkait dugaan kasus korupsi. Dengan tragedi ini menjadikan Dimyati menjadi angota DPR yang pertama menjadi tahanan meskipun masih dalam proses dan belum terbukti bersalah.

Ternyata citra legislator kita masih relatif sama dan menjadi sasaran "penegak" hukum dan media. Penahanan ini merupakan sesuatu yang unik, namun media melihat kasus ini tidak begitu menarik. Karena mungkin media kita merasa tidak mendapatkan benefit lebih ketimbang masalah - masalah yang sekarang lebih di tonjolkan karena media bisa menjadi sutradara dan produser dan kini mencoba merangkap menjadi pemain dalam sinetron KPK, Kejaksaan, Kepolisian ditambah Pers. Peran media Indonesia masih belum seimbang, mungkin akibat dulu para jurnalis itu tidak belajar ilmu kesetimbangan dalam pelajaran Kimia.

Terlihat juga dalam kasus nenek Minah, terlepas dari banyaknya simpati yang mengalir ke nenek tersebut. Media memperlakukan seolah perusahaan sebagai pemilik perkebunan coklat tersebut bersalah 100 %. Bila media saat ini kita posisikan sebagai pengawas atau bisa diposisikan sebagai wasit, kira2 siapa yang akan mengawasi setiap tindakan dari wasit ini.? Hal ini yang mungkin membuat pemberitaan media masih sering berat sebelah. Bukankah mereka merupakan bagian dari SDM Indonesia yang "rata - rata" selalu berhasil membuat kesalahan, menyelesaikan solusi dengan melahirkan masalah dan seperti tukang parkir yang memungut retribusi bila hendak memuat suatu berita. Memang tidak semua seperti itu, masih ada fungsi yang masih berjalan dengan baik, cuma sebagian besar masih jauh dari sempurna. Semoga setiap hari kerinduan untuk menjadi lebih baik menjadi nyata dalam setiap lembaga yang ada di bangsa ini.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP