Minggu, 01 November 2009

Tekanan Hidup

Semua orang menghindari tekanan hidup atau stress. Padahal stress akan selalu menjadi bagian dari kehidupan. Stress sudah menjadi salah satu komponen dalam hidup. Yang namanya komponen tentu akan melekat dalam sistem kehidupan kita yang kompleks ini. Pada awalnya stress ini saya jauhi dengan berbagai cara. Namun ternyata stress tersebut sudah ada dalam tubuh manusia. Stress yang muncul ke permukaan dan cenderung mengganggu tersebut adalah stress yang kita stimulus. Tanpa sadar kita memancing stress tersebut yang tadinya dalam pikiran, kini muncul dalam bentuk "masalah".

Stress itu ibarat bakteri/virus. Sebagaimana kita ketahui tubuh manusia mengandung bakteri/virus. Nah potensi bakteri/virus ini berubah menjadi penyakit adalah bila kita mengubah pola hidup baik menjadi pola hidup yang tidak teratur. Akhirnya antibody atau daya tahan tubuh kita menjadi lebih lemah dibandingkan dengan bakteri/virus yang ada dalam tubuh tadi. Sebab sebagian besar penyakit manusia sebenarnya berasal dari bakteri/virus yang sudah ada dalam tubuhnya.

Demikian juga dengan stress. Stress sudah melekat dalam tubuh kita. Bila tanpa sadar kita sudah mentriger stress sehingga muncul masalah, jangan menyerah. Stress juga ada manfaatnya. Stress bisa kita jadikan sebagai bahan ujian. Ketika kita berhasil melaluinya pasti akan membuahkan kebahagiaan dan sukacita. Namun alangkah baiknya stress ini jangan kita munculkan setiap hari. Karena ujian di saat kita sedang menempuh pendidikan juga tidak setiap saat. Kita harus belajar untuk tidak mentriger stress keluar dan menghampiri kita. Tetapi walaupun stress sudah keburu muncul, mari kita terima sebagai bahan ujian. Dengan demikian kita akan lebih menikmati kehidupan ini. Semoga kasih dan sukacita senantiasa melingkupi hidup dan kehidupan kita.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP