Selasa, 12 Januari 2010

W.I.S.D.O.M

Siapa sebenarnya orang terkaya yang pernah hidup di bumi ini? Bill Gates?? Saya lebih sepakat dengan Prof. Roy Sembel bahwa manusia terkaya yang pernah hidup di bumi adalah Raja Salomo/Sulaiman. Kekayaannya ditaksir 20 kali lipat lebih banyak daripada kekayaan Bill Gates.

Rapat Tim di Wisma PGI Jakarta bersama Roy Sembel
Di awal tahun 2010 bpk Roy kembali menegaskan dan mengingatkan kita untuk menggunakan wisdom. Tuhan pernah menawarkan kepada Raja Salomo agar di meminta apapun juga dari Tuhan. Tetapi Raja Salomo/Sulaiman ini hanya meminta wisdom (hikmat). “...Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa...” (Yohanes 15:5b). Jadilah Raja Salomo menjadi manusia terkaya hingga saat ini. Jika kita ingin seperti Raja Salomo mari kita gunakan hidup bersama Wisdom.

Menurut Roy, mengutip berbagai penelitian, kebanyakan manusia, termasuk di Indonesia, hanya menggunakan 7-10 persen dari kapasitas otaknya. Kalau saja mereka bisa memanfaatkan 20 persen saja dari kapasitas otaknya, secara garis besar dapat dikatakan kinerja mereka bisa meningkat sekitar dua kali lipat. Dengan begitu, krisis akan teratasi,katanya. Untuk itu, dia mengajukan konsep W.I.S.D.O.M.

W dari watak. Artinya: kenali dan kuasai potensi diri dan lingkungan. I, dari ingin. Artinya: Tetapkan tujuan S, dari siasat atau strategi. Artinya: Rancang strategi berdasarkan W dan I. D, dari didik. Artinya: jadilah manusia pembelajar untuk meningkatkan diri sehingga bisa menjalankan strategi dengan baik.

O, dari otak/otot. Artinya: kerja cerdas dan kerja keras untuk mencapai tujuan. M dari manajemen, artinya: ukur (measure) pencapaian, pantau hasil, dan kelola sumberdaya atau potensi yang dimiliki secara optimal.

Bagaimana hal itu diwujudkan, mungkin laporan ini tidak dapat memuat semua pemikirannya, namun ada baiknya kita membaca berbagai buku yang pernah ditulisnya, maupun dua rubrik yang diasuhnya di Sinar Harapan, yakni ManDiri (manajemen diri/self management) setiap hari Selasa dan Manajemen Keuangan setiap hari Kamis.

Pada akhirnya, dia menganjurkan agar kerangka pikir W.I.S.D.O.M bisa digunakan dengan menambahkan: … Selamat datang di universitas kehidupan … pertahankan mimpi, gairah, dan keyakinan anda, jangan lupa gunakan wisdom.

Sumber :

1. Vitamin Bahana

2. Pidato Pengukuhan Guru Besar Roy Sembel


1 komentar:

Anonim 16 Januari 2010 pukul 10.40  

"Menurut Roy, mengutip berbagai penelitian, kebanyakan manusia, termasuk di Indonesia, hanya menggunakan 7-10 persen dari kapasitas otaknya."

Mungkin yang dimaksud ini adalah penggunaan Otak Kanan. Sudah banyak kursus otak kanan seperti Quantum, Megabrain, dll. Saya dulu di MegaBrain Teknik.

Walau ngga tuntas, tapi lumayan lho, saya bisa hafal kitab-kitan perjanjian lama sesuai urutannya.

Contoh, kitab "MIKHA" urutan ke-33.

Dan kitab ke-19 adalah MAZMUR.

Sudah di luar kepala :D

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP