Jumat, 30 April 2010

Dewasa

Apa anda sudah merasa menjadi dewasa? Sepertinya masih ada yang harus kita cek tentang kehidupan manusia dewasa. Menjadi dewasa itu bukan hal yang mudah, namun setiap orang dituntut untuk menuju kepada kedewasaan.

Secara umur atau fisik, barangkali kita sudah termasuk dalam klasifikasi dewasa. Kalau boleh diberi batasan umur maka umur 17 tahun bisa disebut dewasa. Namun ternyata dengan usia diatas 17 tahun tersebut tak serta merta membawa kita kepada kelompok orang dewasa. Bahkan sebaliknya, sangat banyak anak2 di bawah umur justru dewasa sebelum waktunya.

Kedewasaan itu seperti saya sebut diatas, bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak kesulitan, tantangan yang sepenuhnya akan menjadi tanggungjawab kita sendiri. Sangat mungkin suatu saat beban dan masalah yang ada hanya menjadi tanggungjawab kita seorang, tanpa bantuan siapapun. Ya, tanggungjawabmu sendiri. Bahkan ada yang lebih ekstrim. Menjadi tua dan mati adalah sebuah kepastian, namun menjadi dewasa adalah sebuah pilihan. Sungguh menyedihkan bila kita mati sebelum dewasa.:p

Kedewasaan itu berhubungan dengan jam terbang kita dalam menghadapi masalah. Semakin banyak dan kita berhasil memanage masalah menjadi selesai sangat memungkinkan kita untuk menjadi pribadi yang dewasa. Mengeluh, bersungut-sungut merupakan indikasi bahwa kita belum dewasa. Tapi bagi mereka yang sabar, optimis dan berkarakter walaupun dalam situasi yang tidak menyenangkan merupakan indikasi kedewasaan seseorang. Mari kita jalankan peran kita, apakah sebagai seorang anak, suami, abang, adik, paman, kakek, pak RT dengan seoptimal mungkin dengan penuh kedewasaan.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP