Selasa, 03 Maret 2009

Peristiwa ToL.

Jumat 27-02-09 yang lalu saya pergi ke Bogor lewat Jakarta supaya lebih cepat. Waktu itu berangkat jam 5 subuh dari Bandung, karena sore harinya harus kembali berada di Bandung. Pas bayar tol mau masuk Tol Cipularang, tiba - tiba nomor polisi mobil kami dipanggil melalui pengeras suara di tol tersebut. Wah, ternyata uang tol yang kami bayarkan ada uang 5000an palsu. Akhirnya kami mundur dan mengganti uang 5000 tersebut dengan yang lain. Setelah dilihat, gambar garuda pada uang tersebut memang sedikit luntur. Sepertinya uang palsu. Yang menarik sehingga saya tulis di blog ini adalah, petugas tol nya sangat teliti dan cepat tanggap. Meski masih pukul 05.30 pagi, mereka bisa melihat uang yang dibayar pelanggan asli atau tidak. Dan sangat cepat untuk memanggil mobil yang memberi uang bayaran yang bermasalah. Kedua adalah kita harus hati - hati, karena dengan nominal kecil (5000) pun sekarang sudah ada yang palsu.

Kedua hal yang sangat miris adalah saat masuk tol Jakarta menuju bogor.Karena masih jam orang berangkat sekolah, kami melihat banyak anak SLTP yang menyebrang jalan Tol. Mereka mempertaruhkan nyawanya hanya untuk bersekolah. Siang harinya juga kami menemukan seorang ibu bersama anaknya yang bersekolah hendak menyebrang di jalan Tol tersebut. Sepertinya kawasan Tol Jakarta - Bogor ini sudah menjadi tempat penyeberangan seperti di jalan raya biasa.

Pas pulang ke Bandung, kami beristirahat di KM 40 Tol Cipularang. Wah, kami melihat puluhan mobil Ford Ranger bernomor polisi BM. Hmmm..tentu saja mudah ditebak darimana asal mobil tersebut. Mobil tersebut pasti berasal dari mobil dinas karyawan Chevron di Riau yang akan dilelang karena sudah berusia 5 tahun. Dari kecil saya sudah sering mendengar dari alm bapak kalau mobil karyawan caltex (sekarang chevron) akan dilelang setelah berumur 5 tahun. Tujuannya adalah untuk peremajaan. Kalau mobil dinas PDAM saya lihat, yang penting masih bisa jalan, maka tidak akan pernah diremajakan:D.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP