Minggu, 06 Desember 2009

Warisan Sejarah

Perjalanan hidup manusia akan diakhiri dengan sejarah. Percaya atau tidak drama kehidupan masing - masing kita akan terangkum dalam sebuah kisah kehidupan yang pada akhirnya merupakan sejarah yang akan kita wariskan kepada orang lain. Tentunya setelah kita tidak menjadi bagian kehidupan ini lagi atau dengan kata lain "game over"

Sama halnya dengan pengukur waktu. Sebut saja tahun -berhubung beberapa saat lagi- satu lagi tahun dimana kita berkesempatan melaluinya akan habis. Sebenarnya bukan "waktu" tersebut yang habis, namun kesempatan kita untuk mengukir sejarah kehidupan untuk 365 hari belakangan harus berhenti. Ibarat pulsa HP/listrik, maka pulsa tahun ini sudah expired (masa berlakunya habis). Kalaupun masih ada sisa nominalnya, maka kita tidak bisa menggunakannya lagi. Artinya sisa pulsa tersebut menunjukkan ada beberapa sejarah yang gagal kita ukir. Ada tujuan yang belum tercapai.

Namun jangan khawatir, sebab pulsa yang tersisa tersebut masih bisa kita gunakan di tahun berikutnya. Hanya saja jangan sampai menjadi tambahan beban kehidupan. Artinya hal yang belum tercapai tersebut jangan sampai membuat keinginan kita pada tahun berikutnya juga akan tergendala akibat bertambahnya agenda yang harus kita capai. Jangan jadikan beban, namun jadikan sebagai tantangan.

Bagaimana cara mencapainya? Kita harus belajar dari sejarah tahun - tahun sebelumnya. Tentu warisan sejarah kita berbeda satu sama lain, tergantung berapa usia kita dan sejauh mana kita mau mengingat sejarah kehidupan kita untuk digunakan sebagai pelajaran menghadapi masa depan. Bila kita tidak menghargai warisan sejarah kita, maka orang lain pun belum tentu menghargai warisan sejarah kita. Oleh sebab itu berusahalah mengukir sejarah dengan prestasi dan pengalaman hidup yang baik.

Mari kita coba menyusun sejarah hidup pada tahun ini sebagai warisan yang berharga untuk kehidupan kita. Apapun hasilnya, pasti akan berguna. Mari kita susun hari ini, karena kemarin sudah berlalu dan besok belum tentu akan hadir. Kemarin adalah sejarah dan besok masih merupakan misteri. Perjalanan sejarah kita ditentukan sekarang.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP