Senin, 21 Desember 2009

Kilas Balik tahun 2009

"Mari kita menengok ke belakang dan menatap ke depan" Begitu ungkapan seseorang beberapa waktu lalu. Saya rasa istilah menengok ataupun menatap sama saja. Sama-sama berarti melihat. Barangkali yang mau ditekankan adalah yang satu masih mungkin kita raih, sedangkan yang lain sudah tinggal cerita.

Tahun ini sudah hampir berlalu, hanya hitungan hari maka tahun 2009 yang menurut ramalan para peramal sulit dilalui ternyata sudah akan mencapai akhirnya. Sisa hari tahun ini ada baiknya kita gunakan untuk kilas balik peristiwa atau hal- hal apa saja yang sudah kita lakukan. Ada evaluasi personal yang dilakukan, supaya bisa dijadikan acuan untuk tahun berikutnya.

Evaluasi tersebut akan menunjukkan dua buah kesimpulan yaitu ada yang berhasil dan ada yang masih gagal. Bagi rencana yang sudah berhasil barangkali harus kita pertahankan lagi. Seperti saya, parktis selama 2009 ini tidak pernah sakit. Mungkin karena kebiasaan begadangnya sudah tidak dilakukan lagi. Ini merupakan prestasi personal dan mungkin banyak orang melihat prestasi seperti ini merupakan sesuatu yang biasa. Namun saya pikir ini suatu hal yang luar biasa, disamping beberapa hal lain lagi yang bisa dikatakan memuaskan.

Bila ada rencana yang masih belum terealisasi, tentu kita wajar untuk bersedih dan menyesalinya. Kita boleh ikut arus, namun tak perlu sampai hanyut dalam kesedihan tersebut. Grafik kehidupan memang akan sinusoidal, ada bukit dan lembah. Adah jatuh bangun, ada jatuh - jatuh bangun, jatuh bangun-bangun dan sebaiknya jatuh bangun - bangun - bangun terus.

Dari evaluasi tersebut kita melangkah untuk membuat master plan kehidupan tahun depan. Namun jangan lupa memberikan master plan tersebut kepada Tuhan agar dia menyetujuinya. Dan kalaupun master plan kehidupan tersebut ada koreksi dari Tuhan, biarkan saja, berikan pensil dan penghapus kepadaNya agar Dia bisa mengganti rencana -rencana kita sesuai dengan kehendak Tuhan. Mari kita jemput impian itu.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP