Minggu, 20 Desember 2009

Makna Natal

Banyak dan beragam jawaban bila kita ditanyakan tentang makna Natal. Ada yang menyebut makna Natal adalah hadiah, pernak pernik Natal (anomalinya:tempat2 dugem pun dihiasi dengan pernak pernik Natal), ada yang menyebut kumpul keluarga, liburan dan yang sedikit/agak rohani mengatakan bahwa Tuhan itu datang membawa keselamatan. serta banyak makna lain. Semua jawaban tersebut bisa diterima, namun terkadang kita mengesankan Natal dengan kemewahan dan suasana glamour.

Pemahaman saya Natal merupakan kesempatan kita untuk menerima Tuhan dalam hati. Mengundang Yesus untuk hadir di rumah kita, yaitu dalam hari ini. Seperti saya tulis sebelumnya tentang hadiah dan kehadiran natal merupakan suatu pesta kehidupan manusia. Kita wajib mengundang Tuhan untuk hadir dalam pesta kehidupan ini. Namun tergantung kita, apakah kita lebih menginginkan Yesus hadir, sekedar memberi hadiah. Tidak salah kita menganggap Yesus sebagai hadiah, namun seperti kita ketahui sukacita akan sebuah hadiah biasanya ada batasnya. Suatu saat pasti kita bosan akan hadiah tersebut. Berbeda dengan kehadiran Yesus, kita akan senantiasa dituntun dan Dia merupakan sumber sukacita bagi kehidupan kita. Nah, bila Dia kita terima hadir dalam hati kita, saya yakin dengan kehadirannya saja kita sudah bahagia dan sudah pasti Dia juga akan membawa hadiah bagi kita yaitu keselamatan yang kekal. Nah dalam menyambut Natal, mari kita renungkan lagi makananya bagi kita, kehidupan kita dan kepada lingkungan sekitar. Apa sesungguhnya makna Natal bagi kamu?

1 komentar:

Anonim 29 Desember 2009 pukul 06.47  

Makna natal secara esensi atau secara budaya? Kalau secara budaya, sinterklas, hadiah natal, pohon natal dan hiasannya, jauh lebih populer dibandingkan kelahiran Yesus.

Oleh karena itu, sejujurnya saya menganggap natal adalah hari biasa saja seperti hari lainnya. Natal adalah "Holiday", bukan "Holy-Day"

Tapi kalau secara esensi natal, pendapat saya sesuai dengan pendapat mas :D

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP