Sabtu, 18 April 2009

Memori atau Kenangan

Mana yang lebih sering kita ingat, memori yang baik tau memori yang buruk?? Pada dasarnya setiap kenangan yang baik maupun yang buruk akan selalu bisa kita ingat dan renngkan kembali. Kenangan itu secara tegas telah terukir dan berbekas pada tumpukan pikiran kita. Pada masa tua ia akan muncul sebagai suatu kenangan yang bisa membuat kita gembira atau bahkan bersedih, tergantung dari memori tadi. Jika kenangan tersebut baik maka bisa membuat kita bahagia dan ingin kembali masuk ke zaman itu. Bila berupa kenangan buruk, kita akan bersedih dan juga ingin masuk ke zaman saat kejadian tersebut terjadi dan bila masih mungkin kita akan mengubahnya.

Semua peristiwa - peristiwa kehidupan kita akan direkam, disimpan dan diabadikan dalam otak kita dan sewaktu - waktu bisa dimunculkan kembali. Proses ini masih berupa misteri.

Kita tahu bahwa memori dapat berupa hal - hal baik yang mendatangkan sukacita bagi masa tua kita bila kita mengenang dan mengingat - ingat kembali akan peristiwa menyenangkan tersebut. Oleh sebab itu pada masa tua mari kita ukir segala prestasi yang akan menyukakan hati pada masa tua nanti. Kita buat peristiwa indah pada masa ini untuk direkam, disimpan dan diputar kembali berupa kenangan manis dan indah yang membuat hati penuh damai dan sukacita.

Kenangan atau memori bisa juga menjadi suatu kutuk dan dukacita bila kita melakukan hal yang tidak baik pada masa lalu. Kenangan buruk ini akan selalu datang menghantui kita dan membuat kita tidak nyaman. Bagaimana cara menghapus kenangan buruk ini? Tentu hal ini tidak bisa dilakukan oleh diri kita sendiri. Namun Tuhan menawarkan diri untuk menjadi penghapus yang terbaik untuk menghapus peristiwa - peristiwa kelam kita pada masa lalu. Dia juga rela mengubah peristiwa masa lalu tersebut menjadi suatu pelajaran yang indah dengan syarat kita berserah penuh kepadaNya.

Namun lebih indah lagi bial sjak dini kita sadar untuk menciptakan peristiwa - peristiwa indah yang nantinya menjadi bagian dari kenangan indah yang menyukakan hati pada masa tua kita. Akan banyak cerita dan kisah - kisah indah yang bisa kita wariskan kepada generasi penerus dengan perbuatan baik pada masa sekarang.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP