Sabtu, 04 April 2009

Menang Tanpa Merasa Mengalahkan orang lain

Sistem pemilu saat ini di claim sebagai sistem pemilhan umum yang paling kompetitif. Setiap orang dengan kreatifitasnya masing - masing melakukan kampanye kepada masyarakat untuk menarik perhatian konstituen. Namun sekreatif apapun mereka yang bertarung, keputusan tetap berada di tangan rakyat.

Hal yang masih sering dijumpai saat kampanye adalah menjelekkan kinerja orang lain. Misal bila ia seorang caleg baru, mereka dengan mudah mengatakan bahwa caleg sebelumnya tidak pernah memperhatikan kepentingan masyarakat. Mulai dari pilkada hingga pemilu legislatif yang akan dilaksanakan beberapa hari lagi, saya sering melihat incumbent sering dijelek - jelekkan kinerjanya. Saya rasa ini krang fair, bukan juga karena saya mendukung incumbent. Namun hal ini bisa menjadi preseden buruk buat bangsa ini. Dengan mudah kita menyalahkan pemerintahan sebelumnya. Bisa saja memang karena dosa pemerintah beberapa periode lalu, sehingga keterpurukan masih ada di era sekarang.

Sebaliknya incumbent sering juga mengatakan bahwa calon yang baru belum tau apa - apa, mereka tidak punya pengalaman dan belum teruji. Sistem serang seperti ini tentunya akan menjadi contoh buruk di masyarakat. Sebab masyarakat akan cenderung meniru perilaku para pemimpinnya.

Dalam bersaing hendaknya para caleg maupun parpol harus lebih bijaksana. Musuh bersama (public endemy) harus dicari. Public Endemy pada bangsa ini masih sama dari jaman penjajahan dulu, seperti membenrantas kemiskinan, kebodohan dan ketertinggalan lainnya. Jadi berlombalah untuk memberikan visi dan misi mana yang lebih cepat untuk menurunkan dampak dari public endemy tadi. Caleg lain harus dipandang sebagi partner yang memicu kreatifitas kita untuk mencari solusi yang lebih baik lagi. Dengan demikian ketika pemilu usai tidak ada yang merasa dikalahkan. Kita juga menang tanpa merasa mengalahkan orang lain, sehingga jangan enggan menggunakan program orang lain yang kebetulan belum dipercaya rakyat.

Dengan demikian public endemy akan lebih mudah dikalahkan dan kesejahteraan yang merupakan muara dari semua janji - janji politik stiap parpol dan caleg akan terwujud dengan cepat dan lebih baik. Mari kita menang tanpa mengalahkan orang lain.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP