Senin, 23 Februari 2009

Fesbuk

Hmm, setiap buka email yahoo, selalu ada invitation dari teman untuk mengajak join di fesbuk. Sepertinya facebook lagi rame. Namun kita belum tau apakah nasib jaringan sosial pada dunia maya ini akan bertahan lama. Seingat saya jaringan sejenis memang selalu banyak dan rame pada tahap awal, namun bila ada jaringan lainnya muncul, maka yang lama pun akan ditinggal dan orang akan cenderung mengikuti jaringan sosial (social network) yang baru.

Dari zaman multiply, FS hingga FB ini ada masa - masa kejayaannya masing - masing. Namun apakah setiap individu harus membuat satu account di masing - masing situs social network (SN) ini? Saya rasa kita tidak harus punya semuanya, karena akan merepotkan individu dalam mengelola setiap account SN ini. Terlebih bila intensitas kita di internet masih terbatas. Perkembangan TIK sekrang memang tersa begitu cepat. Hingga akhir dekade ini, terjadi peningkatan penggunaan TIK khusunya di kota - kota besar di Indonesia.

Selain membawa dampak positif, kita juga harus peka terhadap dampak negatif yang ditimbulkan oleh "kecanduan" nge net, apalagi dengan aktif di dunia SN. Beberapa waktu lalu ada anak SMP yang korban akibat FS. Saat ini juga sedang banyak foto - foto artis yang dipajang di situs - situs dewasa tanpa sepengetahuan si artis tersebut. Harus ada batas - batas yang jelas dalam dunia TIK. Karena dampak negatif internet ini 10 kali lebih buruk daripada dampak negatif narkoba.

Oleh sebab itu saya tidak terlalu tertarik akan banyaknya invitation untuk membuat account baru di situs social networking. Disamping belum mempunyai waktu yang lebih luang. Namun tidak dipungkiri dunia maya ini sangat banyak manfaat positifnya. Segalanya menjadi terbuka, wawasan menjadi lebih luas dan sangat mudah mencari teman yang sudah lama kehilangan kontaknya.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP