Senin, 02 Februari 2009

Mengapa Saya Ada di Dunia Ini??

Pertanyaan yang sering muncul ketika seseorang mulai mencoba mencari jati dirinya, atau ingin membuktikan existensinya pada dunia. Hmmm… itulah yang sering membuat saya sering bertanya bagamana cara kita untuk menunjukkan pada seantera manusia di zaman modern bahwa kita ada, namun pertama – tama kita harus menjawab pertanyaan diatas.

Berbagai macam jawaban bisa kita terima untuk menjawab pertanyaan itu, tidak ada yang bisa kita salahkan, tergantung individunya masing – masing. Kalau saya disuruh menjawab, saya ada di dunia ini untuk melengkapi kebutuhan orang – orang yang ada disekitar lingkungan tempat saya berada, dimanapun saya berpijak. Misal ketika kita hidup bersama orang tua kita, saya hanyalah sebagai pelengkap di kehidupan mereka yaitu sebagai anak. Alasannya, hampir semua orang yang mengambil komitmen untuk hidup sebagai suami istri mempunyai keinginan untuk mempunyai anak. Hanya orang yang memiliki anomaliLah yang sedikit menyimpang dan tidak menginginkan kehadiran sang anak ditengah - tengah keluarganya.

Ketika kita bersekolah, kita "digunakan" sebagai murid, siswa atau mahasiswa. Tidak mungkin ada sekolah/kampus/MA didirikan bila tidak ada yang hendak diajar sebagai murid atau mahasiswa. Sama halnya ketika kita di Gereja atau lembaga2 lain, seperti perusahaan/instansi, atau bahkan bangsa dan Negara kita merupakan pelengkap, seperti sebagai jemaat, warga negara ataupun sebagai karyawan/buruh.

Hal yang baru saja anda baca diatas, boleh saja anda sanggah,bahwa kita berada di dunia hanya sebagai pelengkap, namun sejalan dengan perkembangan intelektual kita, muncullah tujuan lain, yaitu untuk sedikit menguasai atau dengan kata lain mengambil peran disuatu tempat, sebagaimana orang lain atau dunia ini menjadikan aku sebagai pelengkap.

Namun hal yang saya pikirkan dan paparkan di atas hanyalah berasal dari logika pikiran manusia belaka, jika kita membawa unsur CREATOR kita, mungkin jawaban yang kita terima dari masing – masing orang akan mirip dan mungkin mutlak sama. Kita berada di dunia ini bertujuan untuk memberi pengaruh baik bagi sekitar kita. Oleh sebab itu carilah cara - cara untuk melayani masyarakat agar kehadiran kita terasa bagi orang lain. Semoga Allah sumber kekuatan tetap memberi kita damai sejahteranya dalam menjalani kehidupan di dunia yang penuh dengan tantangan hidup dan jalan yang tidak lurus.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP