Jumat, 12 Desember 2008

Kegagalan yang berhasil

Dulu saya sangat susah menangkap maksud dari "kegagalan yang berhasil" ini. Sampai suatu saat saya mencoba membaca artikelnya. Semua orang pasti tidak ingin gagal dan cenderung ingin berhasil. Bagimanakah kisah the failure of succes???

Konon, Film Apollo 13 menceritakan pengalaman sejati dari Jim Lovell dan para awak NASA-nya. Tujuan misi mereka adalah untuk mendarat dan mengeksplorasi bulan, namun ledakan besar yang mengancam jiwa, telah melumpuhkan pesawat antariksa yang mereka tumpangi. Tiba - tiba tujuan berubah. Pengendali Misi di Houston menghabiskan beberapa hari berikutnya untuk memperbaiki pesawat yang rusak tersebut dan menyelamatkan tiga antariksawan hingga selamat sampai di bumi. Pada akhirnya, misi ini dianggap skses, karena berhasil mengembalikan pesawat dan awaknya sampai di bumi. namun misi ini juga dianggap "gagal" karena pesawat Apollo 13 akhirnya tidak pernah mengekplorasi bulan. Inilah yang disebut suatu kegagalan yang "berhasil".

Contoh lain menurut pemahaman saya adalah kisah nabi Yunus yang ditelan ikan besar. Dia awalnya diperintahkan Tuhan untuk ke Niniwe untuk mengingatkan penduduk disana supaya bertobat. Namun akhirnya Yunus mencoba lari dari tuganya dan ia malah pergi ke Tarsis. Singkat cerita Tuhan menghukumnya dengan cara menyuruh ikan besar untuk menelannya. Akhirnya Yunus bertobat, walau akhirnya ia belum sempat pergi ke Niniwe untuk melaksankan misi Tuhan. Ini juga suatu kegagalan yang "berhasil".

Dalam hidup, mungkin kita juga sering mengalami "kegagalan yang berhasil". Tanpa sadar kita telah dikendalikan oleh Tuhan, sehingga tujuan utama kita belum bisa tercapai, namun kita juga telah berhasil mencapai tujuan yang tidak kalah penting juga. Tuga kita adalah bagaimana mengerti setiap detik kehidupan ini, karena sebenarnya kita dikendalikan dua kekuatan yaitu hawa nafsu dan juga kekuatan Tuhan. Dan kekuatan Tuhan merupakan yang paling besar dan jika telah dikendalikan kekuatan ini, maka segalanya akan berjalan dengan baik. Bila melihat suatu kegagalan, jangan terus menyerah, tetapi cobalah analisa sebenarnya apa hal positif dari kegagalan tersebut. Jika anda menemukannya, maka sesungguhnya anda telah mengalami kegagalan yang "berhasil". Adapun hal yang masih gagal tadi, mungkin dikemudian hari bisa kita lakukan dengan baik. Sesungguhnya hal tersebut merupakan penundaaan sementara dari Tuhan. Permintaan kita tidak selamanya langsung DIA jawab. Ada saatnya kita harus sabar, adakalanya langsung dikabulkanNya dan ada juga yang tidak dikabulkanNya dan menggantinya dengan yang terbaik. Hanya Tuhanlah yang tahu mana yang terbaik bagi kita, karena manusia hanyalah debu, yang sangat mudah tertiup oleh angin kehidupan ini. The Failure of Succes!

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP