Sabtu, 27 Desember 2008

Renungan Natal

So this is christmas
And what have you done
Another year over
And a new one just begun
And so this is christmas
I hope you have fun
The near and the dear ones
The old and the young a very merry christmas
And a happy new year
Let�s hope it�s a good one....etc

Dari penggalan lagu tersebut tersirat sebuah harapan manusia akan sukacita Natal. Namun apakah saudara - saudara kita yang tidak merayakan Natal bisa juga memperoleh sukacita Natal?? Saya rasa jawabnya iya. Semua orang seharusnya merasakan sukacita Natal.

Pesan Natal setiap tahunnya sebenarnya hampir sama dan tidak ada yang baru. Tapi mengapa kita harus merayakannya setiap tahun? Tujuannya adalah untuk me-refresh, me-recharge, memperbaharui kasih dan damai sejahtera di setiap hati manusia. Tidak sampai disitu, kita juga harus menyebarkan terang kasih tersebut kepada orang lain. Saat inilah orang yang tidak merayakan natal bisa merasakan sukacita Natal tersebut.

Pesan Natal yang bisa saya tangkap pada tahun ini adalah kita dianjurkan untuk merebut damai sejahtera daripada merebut kemuliaan/kehormatan di dunia ini. Kemuliaan dalam bentuk pujian dari orang lain terkadang membuat kita menjadi orang yang sombong, kita merasa menjadi yang terhebat dan akhirnya lupa bahwa kemuliaan itu milik yang diatas. Terkadang manusia saling mempertahankan kebenarannya sendiri, sehingga muncullah masalah dan perkelahian. Otomatis kedamaian tidak akan bisa diraih. Yang ada adalah konflik antar sesama. Tanpa sadar kita sudah merebut kemuliaan Tuhan. Sebaiknya kita merebut kedamaian. Ketika masing - masing telah mendapatkan kedamaian, ia akan otomatis meninnggikan Tuhan. Segala perselisihan akan lenyap. Itulah sebabnya dalam Alkitab dikatakan "kemuliaan bagi Allah dan Damai bagi manusia". Semoga semua orang merasakan kedamaian, tua, muda, miskin, kaya, hitam, putih, karena kita semua merupakan cermin dari Tuhan itu sendiri. Kita adalah gambaran dari Tuhan.

0 komentar:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP